Selasa, 24 Agustus 2010

USB flash drive

USB flash drive (sering juga USB flash drive ini disebut Flashdisk atau UFD) adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 64 megabyte sampai 512 gigabyte. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori flash yang digunakan.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Namun flashdisk juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada flashdisk rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori flash yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan HardDisk yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

Mengembalikan file – file yang hilang karna virus

Dalam menggunakan komputer kita kadang membutuhkan alat yang bernama flashdisk. Flashdisk merupakan sebuah benda yang dapat menyimpan file – file atau data – data yang terdapat di internet. Kebanyakan orang memakainya untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya.

Namun apa jadinya jika flashdisk tersebut terkena virus ??? data – data yang terdapat pada flashdisk tersebut tentu akan hilang. Sebenarnya data – data tersebut bukanlah hilang. Namun, virus membuatnya hiden atau tersembunyi.

Anda tidak perlu cemas, ada banyak cara untuk mengembalikan data – data tadi.

Salah satu caranya yaitu melalui command prompt.

Caranya:

1. buka aplikasi “run” atau tekan tombol windows dan R secara bersamaan

2. ketik disana “cmd”

3. setelah layer hitam keluar, pilih dirrectori dimana tempat flashdisk berada.

Misal: “G:” (artinya dirrectori flashdisk anda berada di G)

4. setelah dirrectorinya sesuai anda ketik “attrib –s –h *.* /s /d“

5. tunggu beberapa saat.

6. setelah itu anda close command prompt tadi dengan mengetik “exit“

7. coba anda periksa isi flashdisk anda kembali.

8. semua data – data anda akan kembali

9. virus – virus ytang tadi sudah tidak jalan dan anda dapat mendeleten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar